Pembuatan Pondasi Cakar Ayam

Pembuatan Pondasi Cakar Ayam


PENGERTIAN PONDASI CAKAR AYAM

Membuat tulangan besi pondasi cakar ayam sebenarnya bisa kita lakukan sendiri namun harus memiliki ketelitian serta membutuhkan waktu tidak sedikit, namun kalau anda tidak pengen repot bisa juga membeli sudah jadi dengan konsekuensi harga lebih mahal ketimbang membuat sendiri.  Pondasi berfungsi sebagai dasar atau landasan untuk bangunan tertentu, akan dibangun di atasnya. Ada beberapa jenis atau macam pondasi agar bisa diaplikasikan saat membangun bangunan tertentu. Disebut pondasi cakar ayam karena bentuknya memang mirip seperti kaki hewan unggas tersebut, di mana di bagian bawah terdapat pipa-pipa beton menyerupai cakar alam. Fungsinya mencengkeram kuat tanah di bawahnya agar bangunan dibangun di atasnya benar-benar berdiri kokoh. Rumah modern dua lantai banyak menerapkan tulangan besi pondasi cakar ayam untuk memperkuat rumah mereka.

gambar pondasi cakar ayam
gambar pondasi cakar ayam
Pondasi cakar ayam sangat cocok dipakai di segala jenis atau macam tanah, baik yang bertanah lembek maupun keras. Oleh karena itu, pondasi tersebut banyak diaplikasikan untuk mendirikan gedung bertingkat. Bukan hanya itu, pondasi cakar ayam juga diaplikasikan dalam pembangunan jalan layang, jembatan besar, hingga landasan. Tentu saja dengan struktur dan kekuatan yang berbeda, atau dengan kata lain besar kecilnya pondasi disesuaikan dengan tujuan pembangunannya.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PONDASI CAKAR AYAM

Pondasi cakar ayam menjadi solusi mendirikan bangunan di atas tanah yang lembek. Dikarenakan, tanah lembek seperti itu menyulitkan pembangunan dengan pondasi konvensional. Lagipula, tanah lembek yang berair sangat mungkin mudah ambles dan bergerak, sehingga tidak direkomendasikan mendirikan bangunan di atasnya. Disamping kelebihan dari pondasi cakar ayam, maka terdapat pula kekurangan dari pondasi cakar ayam. Kekurangan pondasi cakar ayam yang lain, yaitu hanya bisa diaplikasikan dalam mendirikan bangunan besar dan bertingkat. Pasalnya, bangunan-bangunan yang tinggi dan besar juga membutuhkan pondasi lebih kuat serta kokoh. Sangat tepat memilih pondasi cakar ayam agar bangunan di atasnya tidak mudah roboh. Sementara itu, bangunan-bangunan kecil dan berlantai satu kurang cocok dengan sistem pondasi cakar ayam. Bukan hanya karena karakteristik bangunannya saja, tetapi juga biaya pembuatan serta pemasangan pondasinya.

Hal–hal yang perlu dilakukan sebelum membuat tulangan besi pondasi cakar ayam adalah melakukan survey sederhana dengan bertanya kepada kontraktor rumah. Inilah hal-hal sering ditanyakan, yaitu :


1. Berapa Harga Pondasi Cakar Ayam?

Jika kita ingin membeli jadi sebuah tulangan besi pondasi cakar ayam, sangat tergantung dengan ukuran dan jenis besi yang digunakan. Jenis besi biasa digunakan yaitu besi biasa mulus dan besi ulir, setelah itu ukuran diameter besi akan digunakan sebagai contoh : Untuk ukuran tulangan besi pondasi cakar ayam 80 cm x 80 cm dengan besi ulir harganya Rp 300.000 ( pada Januari 2019).

2. Upah Membuat Tulangan Besi Pondasi Cakar Ayam?

Jika kita ingin sistem upahan dalam membuat tulangan besi pondasi cakar ayam, informasi yang saya dapat pak tukang meminta kisaran harga Rp 60.000 – Rp 75.000 untuk satu buah rangkaian tulangan besi pondasi cakar ayam dan juga terkadang harus nego untuk berbagai ukuran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Mudah Memilih Jasa Kontraktor Rumah

Rumah Minimalis Terbaru